SUNGAI BOGOWONTO

Salam hangat mancing mania...
Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan perjalanan memancing di salah satu sungai yang terletak di Purworejo Jawa Tengah.

Berawal dari keinginan atau hobi memancing, sehingga kesempatan liburan pun tidak dibuat sia-sia, kami para mancing mania memilih lokasi memancing di salah satu sungai di Purworejo. Tepatnya di sungai Bogowonto.

Sungai Bogowonto (Bogowonto River) merupakan salah satu sungai yang cukup besar yang berada di Desa Jogoboyo Kecamatan Purwodadi Kabupaten Purworejo. Para pemancing mania yang berdomisili di Jawa Tengah mungkin sudah tidak asing mendengar sungai ini. Karena sungai ini merupakan salah satu sungai favorit para mancing mania Jawa tengah. Karena sungai ini sangat dekat dengan ujung awal Pantai Congot (Muara) yang memiliki kemungkinan besar sebagai sarangnya ikan-ikan air tawar yang besar dan yang jarang ditemukan di sungai-sungai lain.

Gambar 1. Sungai Bogowonto ke arah Pantai Congot

Akses jalan menuju sungai ini sangat lancar dan seluruhnya melewati jalan aspal. Petunjuk jalan juga tersedia untuk orang yang belum tahu jalan menuju ke sungai ini. Dari kota Yogyakarta menuju ke spot mancing sungai Bogowonto ini memiliki jarak tempuh sekitar 44 km.

Menurut warga sekitar dan obrolan para mancing mania sungai ini memiliki ikan-ikan seperti ikan Kakap putih (Lates Calcarifer), Sidat (Eel Fish), ikan keting (mystus Nigriceps), Bawal, ikan Palung (Hampala), dll. Diantara jenis ikan tersebut ikan kakap putihlah yang menjadi sasaran para mancing mania bila memilih spot mancing di sungai ini. 

Gambar 2. Ikan Keting (Mystus Nigriceps)

Karena memiliki ukuran yang besar, sungai ini memiliki banyak spot-spot untuk memancing. Yaitu di Jembatan dan sepanjang pinggiran sungai. Di sepanjang pinggiran sungai merupakan spot memancing yang pas karena terdapat batu-batu besar yang memungkinkan pemancing untuk duduk di pinggiran sungai. Sementara di jembatan memiliki resiko yang berbahaya karena berhubungan langsung dengan jalan raya. Akan tetapi tidak sedikit yang memilih untuk memancing di jembatan tersebut. Dalam hal ini kemungkinan untuk mendapatkan lemparan pancing ke tengah sungai. Memang bila memancing dipinggiran dengan piranti pemberat yang tidak cukup besar maka akan terbawa arus menepi ke pinggiran sungai kembali.  Arus sungai ini cukup besar, sehingga sangat dibutuhkan piranti pemberat yang cukup besar. Dan menggunakan teknik memancing dasaran.

Gambar 3. Fishing Spot at Bogowonto River

Perlengkapan yang harus disiapkan untuk memancing di sungai ini yang pasti adalah perlengakapan memancing freshwater lengkap, dan juga sangat dibutuhkan penerangan bila memancing pada malam hari, karena bila malam sumber penerangan di daerah ini agak kurang. Oleh karena itu senter kepala maupun senter duduk sangat diperlukan. Akan tetapi menurut pengalaman di daerah ini bila malam cukup aman dari segala gangguan.

Bagaimana para mancing mania tertarik untuk merasakan sensasi memancing di sungai ini? Titik Koordinat sungai ini adalah 7⁰53’01.04" Lintang Selatan dan 110⁰02’07.27" Bujur Timur
 Gambar 4. Peta Jogja ke Sungai Bogowonto

 Gambar 5. Peta spot memancing di Sungai Bogowonto
Selamat mencoba...
Salam Mancing Mania..

1 Response to "SUNGAI BOGOWONTO"

  1. mj-506 says:
    October 24, 2013 at 6:56 PM

    ikan keting nya mirip ma iklan lele ya om.. di daerah ane g ada ikan seperti itu :)
    agen tiket online
    jasa iklan massal