Joran



Stik atau Joran yang biasa para mancing mania menyebutnya merupakan suatu alat yang digunakan sebagai pelengkap untuk memancing ikan. Karena joran merupakan tempat katrol senar atau yang disebut juga Reel dan sebagai alat pelontar pancing. Hal ini untuk memudahkan pemancing untuk memancing ikan.
Joran ini terdiri dari beberapa bagian yang berfungsi untuk memudahkan untuk memancing. Bagian tersebut terdiri dari:
  • Tip   : ujung dari joran
  • Winding : lilitan benang, untuk mengikat ring pada senar. lilitan ini biasa digunakan benang yang difiksasi dengan resin.
  • Ring : menyerupai cincin yang memiliki besar yang berbeda-beda. ring ini menempel pada batang joran.
  • Butt : bagian ujung bawah joran yang dipegang, dan juga sebagai tempat dudukan reel.
  • Reel seat : tempat dudukan reel, yang dapat dikunci.
  • Ferrule : bagian ini hanya ada pada joran yang terbagi menjadi dua atau lebih, yang berfungsi sebagai sambungan joran.
Joran juga memiliki bermacam-macam bahan yang digunakan untuk membuat. Akhir-akhir ini  bahan untuk membuat joran dipilih untuk tujuan yang berbeda-beda. Seperti :
  • Fiberglass : bahan ini merupakan bahan yang memiliki daya lentur yang sangat kuat, tetapi bahan ini juga memiliki kekurangan bagi pemancing yaitu cukup berat.
  • Graphite : bahan ini merupakan bahan yang memiliki daya lentur yang kecil (kaku), tetapi para mancing mania menyukai bahan ini karena ringan dan lebih sensitif bila dimakan ikan.
  • Komposit : beberapa tahun ini para produsen joran tidak mengenal lelah dalam menciptakan suatu joran yang memiliki daya lentur yang cukup tinggi dan ringan. Bahan ini merupakan bahan campuran dari bahan fiber dan graphite. Bahan ini mempunyai kekuatan dan kelebihan yang lebih besar daripada graphite dan fiberglass. Memiliki daya lentur yang besar, ringan, dn sensitif.
Joran untuk memancing pun memiliki jenis yang berbeda-beda, yaitu :
  • Joran antena (Telescophic) : joran jenis ini merupakan joran yang dapat disambung seperti antena, ujung atas bagian tip top nya merupakan bahan yang penuh (tidak kosong), sementara bagaian lainnya kosong. Joran jenis ini biasa dipilih karena kemudahn untuk dibawa kemana-mana.

  • Surf casting : joran jenis ini seperti joran antena biasa. Keunggulannya joran ini adalah panjangnya yang hampir 5 meter atau lebih. Joran ini biasa digunakan untuk memancing dipinggiran karang ataupun memancing pasiran.

  • Ice fishing rod : joran ini biasa digunakan untuk memancing di es. Joran ini pendek, karena untuk memudahkan dalam memancing di es. Tetapi di indonesia kadang-kadang joran ini juga digunakan untuk memancing dikolam maupun di danau.

  • Fly Fishing Rod : joran jenis ini digunakan untuk umpan ringan yang membutuhkan jarak yang jauh. Joran jenis ini memiliki kelenturan yang tinggi, dan dapat memempuh jarak yang jauh.

  • Trolling Rod : joran jenis ini khusus digunakan untuk memancing trolling. memancing jenis ini biasa digunakan untuk memancing di laut, dengan cara menyeret umpan dari kapal yang bergerak pada kecepatan tertentu.

  • Bait casting Rod : joran jenis ini biasa digunakan untuk teknik casting. karena dapat menjangkau tempat-tempat tertentu dengan akurat.

  • Spinning Rod : joran ini digunakan untuk memancing jenis casting yang membutuhkan jarak yang cukup jauh.

  • Popping Rod : joran jenis ini digunakan untuk memancing jenis popping.

  • Jigging Rod : joran jenis ini digunakan untuk memancing jenis jigging. Joran ini berfungsi untuk menahan berat dari lure dan juga memiliki daya tarik yang cepat.

  • Joran tegek : joran jenis ini hanya memiliki ring di ujung. joran jenis ini memiliki panjang antara 3 meter atau lebih. Joran ini juga seperti joran antena. Tetapi joran ini hanya memiliki satu ring di ujung joran ataupun berupa benang, untuk mengkaitkan senar.

  • Joran bambu : joran jenis ini disebut-sebut berasal dari kota jogja, karena joran jenis ini sudah bertahun-tahun ditemukan di Jogja sampai sekarang. Joran jenis ini merupakan sambungan yang kuat antara joran dengan batang bambu muda pilihan sebagai tempat pegangan. Joran jenis ini tidak menggunakan reel, hanya menggunakan tarikan dengan tangan bila mendapatkan ikan. Pendapat dari penikmat mancing dengan jenis joran ini adalah joran ini sensasi pada saat ditarik oleh ikan lebih mantap. Joran bambu ini biasa digunakan untuk memancing di kolam maupun di sungai. 


 

6 Response to "Joran"

  1. Ryan says:
    August 28, 2010 at 9:45 PM

    Mantabs ni bro....pengetahuan ane jadi bertambah...keep writing....viva strike.........

  2. asnul arfani says:
    August 29, 2010 at 8:32 AM

    thank u bro...
    smoga akan ditambah lg postingny..
    thnks bro linknya..

  3. Anonymous Says:
    March 14, 2012 at 9:35 AM

    Mas bro sekalian teknik masang kailnya dong..
    step by step pake gambar bagus..
    :)

  4. drg. Asnul Arfani says:
    April 11, 2012 at 5:46 AM

    Sipp mas, anti says posting tentang cara ngikatnya. Makasih sarannya ya

  5. Reza says:
    January 12, 2013 at 3:46 AM

    mantab bung asnul penjelasannya tambah terus, dan kapan kita turun strike lagi..he..he..?? :)

  6. MASDUNI JAY says:
    July 11, 2014 at 10:03 AM

    ass
    mau tanya nih bang kira harga joran semacam surf casting ada gak dibawah 1 juta